Tentang LPM
Visi
Menjadi pusat pengendalian mutu terbaik dalam mengawal STI Al-Hilal Sigli dalam mencapai visi misinya sehingga melahirkan lulusan unggul, mandiri dan religius yang berdaya saing pada tahun 2030.
Misi
- Meningkatkan budaya kerja dan iklim kerja yang berbasis pada SPMI.
- Mengembangkan dan mengiplementasikan SPMI di lingkungan STI Al-Hilal Sigli secara berkelanjutan.
- Meningkatkan kompetensi staf/ pengelola LPM, baik di tingkat sekolah tinggi dan program studi dan unit kerja lainnya secara terus menerus dalam menangani penjaminan mutu secara profesional.
- Membantu melaksanakan visi dan misi STI Al-Hilal Sigli dalam rangka menjadi Sekolah Tinggi yang unggul, mandiri dan religius melalui melalui pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi (SPM-PT).
Tujuan
- Menjamin kepatuhan terhadap kebijakan akademik, standar akademik, peraturan akademik, dan manual mutu akademik.
- Menjamin kepastian bahwa lulusan memiliki kompetensi sesuai dengan yang ditetapkan di setiap program studi.
- Menjamin kepastian bahwa setiap mahasiswa memiliki pengalaman belajar sesuai dengan spesifikasi program studi.
- Menjamin kepastian dan relevansi program pendidikan,penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan standar mutu yang ditetapkan dan tuntutan stakeholders.
TUPOKSI
Tugas
- Merencanakan dan melaksanakan sistem penjaminan mutu akademik secara keseluruhan di STI Al-Hilal Sigli.
- Membuat perangkat yang diperlukan dalam rangka pelaksanaan sistem penjaminan mutu akademik.
- Memonitor pelaksanaan sistem penjaminan mutu akademik.
- Melakukan audit dan evaluasi pelaksanaan sistem penjaminan mutu akademik.
- Melaporkan secara berkala pelaksanaan sistem penjaminan mutu akademik di STI Al-Hilal Sigli.
- Melaksanakan pendampingan untuk meningkatkan kualifikasi akreditasi program studi.
- Merencanakan, memantau dan mengevaluasi program pengembangan institusi yang bersifat terprogram maupun tidak terprogram sesuai dengan kebutuhan.
Fungsi
- Melaksanakan pelatihan, konsultasi, pendampingan dan kerjasama dibidang penjaminan mutu.
- Mengembangkan sistem informasi penjaminan mutu akademik.
- Mengembangkan dan melaksanakan sistem penjaminan mutu akademik sesuai dengan kondisi STI Al-Hilal Sigli.
- Mengembangkan dan melaksanakan audit mutu akademik internal di STI Al-Hilal Sigli.
Tugas Pokok Bidang Audit Mutu Internal
- Audit Internal adalah unsur pemantauan dan evaluasi yang berfungsi mendukung kegiatan STI Al-Hilal Sigli dalam pengawasan internal tingkat sekolah tinggi dan prodi.
- Membantu Ketua STI Al-Hilal Sigli dalam melakukan pemantauan dan pengawasan kegiatan akademik dan non-akademik internal prodi.
- Memberikan rekomendasi perbaikan untuk mencapai sasaran dan tujuan prodi.
- Menangani persoalan yang berkaitan dengan hal-hal yang dapat merugikan sekolah tinggi dan prodi.
- Membantu menciptakan sistem pengendalian internal yang efektif di sekolah tinggi dan prodi.
- Melakukan penilaian terhadap sistem pengendalian internal yang berlaku di prodi.
- Menyampaikan laporan tahunan kepada Ketua STI Al-Hilal Sigli.
Tugas Pokok Bidang Dokumen Mutu
- Membantu LPM dalam mengkaji dan merumuskan standar mutu sebagai pedoman penjaminan mutu di STI Al-Hilal Sigli.
- Merumuskan dan menyusun dokumen mutu STI Al-Hilal Sigli.
- Mendokumentasikan arsip-arsip dokumen mutu.
- Melaporkan secara berkala mengenai hasil dan dokumentasi yang telah dicapai kepada Ketua LPM.
Tugas Pokok Bidang Akreditasi
- Memantau dan mengawasi proses akreditasi di STI Al-Hilal Sigli agar berjalan dengan lancar .
- Melakukan pendataan status/waktu akreditasi dan izin penyelenggaraan program studi di STI Al-Hilal Sigli.
- Memberikan masukan kepada Bidang Mutu dalam pembuatan/modifikasi Dokumen Mutu.
- Memberikan masukan kepada Bidang Monev tentang komponen-komponen yang akan dipantau dan dievaluasi.
- Membantu program studi dan Sekolah Tinggi dalam mempersiapkan dokumen akreditasi.
- Mengusahakan agar seluruh program studi di STI Al-Hilal Sigli dapat terakreditasi.
- Meningkatkan status akreditasi Program Studi.
- Meningkatkan status akreditasi Sekolah Tinggi.